TIM DOSEN PPA BERSINERGI DENGAN DINAS PERTANIAN KABUPATEN CILACAP MEMBERIKAN PELATIHAN PENGOLAHAN CABAI BAGI KELOMPOK WANITA TANI DESA HANUM

Desa Hanum berlokasi di Kecamatan Dayeuluhur, Kabupaten Cilacap. Desa Hanum merupakan salah satu daerah penghasil cabai terbesar di Kabupaten Cilacap. Seringkali petani menjual cabai secara langsung dengan tidak ada kegiatan pengolahan terlebih dahulu, sehingga harganya masih rendah di tingkat petani. Oleh karena itu, Dinas Pertanian Kabupaten Cilacap mengadakan pelatihan Pascapanen dan Pengolahan Cabai dengan tujuan untuk meningkatkan nilai jual cabai bagi Kelompok Wanita Tani Desa Hanum, Kecamatan Dayeuluhur pada Selasa, 5 Oktober 2021 di Balai Desa Hanum.

Kegiatan pelatihan ini diberikan oleh narasumber dalam hal ini Politeknik Negeri Cilacap diwakili oleh tim dosen Program Studi D-IV Pengembangan Produk Agroindustri yaitu Fadillah, S.P., M.P., , Mardiyana, S.Pi., M.Si., dan Murni Handayani, S.P., M.Sc. Kegiatan pelatihan ini dibarengi dengan praktek langsung pengolahan cabai berupa pembuatan Saos Cabai, Abon Cabai, dan Bubuk Cabai. Para peserta mengikuti kegiatan dengan antusias dan aktif berdiskusi selama pelatihan berlangsung. Diharapkan dengan adanya kegiatan ini peserta menjadi lebih faham dan dapat menghasilkan produk olahan cabai sehingga dapat meningkatkan nilai jualnya, dan dapat meningkatkan pendapatan para petani cabai khususnya pada Kelompok Wanita Tani Desa Hanum. (MH)

Berikut merupakan dokumentasi kegiatan Pelatihan Pascapanen dan Pengolahan Cabai di Desa Hanum :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *