Sosialisasi Virtual Mahasiswa Baru program studi Sarjana Terapan Pengembangan Produk Agroindustri tahun ajaran 2021 / 2022

Program studi sarjana terapan Pengembangan Produk Agroindustri hari Selasa tanggal 24 Agustus 2021 mengadakan acara sosisalisasi virtual dalam rangka menyambut datangnya mahasiswa baru. Kegiatan yang dilakukan secara online dengan melalui zoom meeting dihadiri oleh Koordinator program studi Fadillah, S.P., M.P , bapak ibu dosen program studi Pengembangan Produk Agroindustri, Mahasiswa Tingkat 2 dan juga Mahasiswa baru Tingkat 1.

Ibu Fadillah, S.P., M.P., selaku koordinator program studi membuka acara sekaligus menjelaskan tentang informasi Akademik dan juga non Akademik kepada para mahasiswa baru. Acara kemudian dilanjutkan dengan perkenalan dosen wali dan juga dosen Pengampu mata kuliah serta penjelasan dari mahasiswa tingkat 2 mengenai beberapa UKM (Unit Kegiatan Kemahasiswaan) yang berada di Politeknik Negeri Cilacap. Sebelum sesi penutup diadakan sesi tanya jawab bagi para mahasiswa baru sebagai jembatan bagi para mahasiswa baru untuk lebih mengenal program studi Pengembangan Produk Agroindustri dan juga Politeknik Negeri Cilacap.

Diharapkan melalui adanya kegiatan sosialisasi mahasiswa baru ini bisa membantu para mahasiswa baru untuk lebih mengenal program studinya walaupun masih dilaksanakan secara virtual. (AK)

Read more >

Pendatangan Nota Kesepahaman antara Politeknik negeri Cilacap dengan PT. Tunas Inovasi Pertanian

Pada hari Senin tanggal 16 Agustus 2021, telah dilakukan pendandatangan nota kesepahaman antara Politeknik Negeri Cilacap yang di wakili oleh Direktur Politeknik Negeri Cilacap bapak Dr. Ir. Aris Tjahyanto, M.Kom. dengan PT. Tunas Inovasi Pertanian yang diwakili oleh Direktur Utama bapak Widya Surya Prayoga.

Melalui penandatangan nota kesepahaman diharapkan bisa terjalin kerjasama antara Politeknik Negeri Cilacap khususnya program studi sarjana terapan Pengembangan Produk Agroindustri dengan PT. Tunas Inovasi Pertanian selaku pihak akademisi dan industri.

Walaupun acara dilakukan secara virtual melalui zoom meeting tetapi tidak mengurangi esensi dari acara tersebut. Diharapkan nanti ke depanya akan banyak terjalin kerjasama antara Politeknik Negeri Cilacap dengan industri – industri yang terkait. (AK)

Read more >

PELATIHAN PENGOLAHAN KULIT DAN DAGING BUAH MANGGIS DI DAYEUHLUHUR CILACAP

Kecamatan Dayeuhluhur Kabupaten Cilacap merupakan salah satu dari 15 Kabupaten di Jawa Tengah yang menjadi sasaran dalam Pelatihan Teknis Tematik dalam mendukung program Food Estate. Kegiatan pelatihan ini merupakan Pelatihan Teknis Bagi Aparatur dan Pelatihan Bagi Non Aparatur di Provinsi Jawa Tengah yang diselenggarakan oleh Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Lembang.

Program Food Estate bertujuan untuk melatih teknis pertanian dengan komoditas sesuai potensi masing-masing kabupaten. Komoditas unggulan Kabupaten Cilacap salah satunya adalah buah manggis dan Dayeuhluhur merupakan sentra penghasil buah Manggis. Namun, potensi daerah tersebut tidak diiringi dengan kemampuan para warga dalam mengolah buah Manggis agar memiliki nilai ekonomi yang lebih tinggi. Sehingga Pelatihan Teknis Tematik tersebut bertema tentang Pengolahan Buah Manggis.

Kegiatan pelatihan teknis tematik tersebut diselenggarakan di Balai Dusun Sikluk Desa Matenggeng Dayeuhluhur pada hari Selasa Tanggal 24-25 Mei 2021. Dalam pelatihan tersebut, dosen Pengembangan Produk Agroindustri yaitu Agus Santoso, Fadillah, Khoeruddin Wittriansyah, Mardiyana, dan Murni Handayani memberikan penjelasan mengenai pemanfaatan kulit buah manggis dengan cara ekstraksi dan olahan daging buah manggis menjadi produk “fruit leather”. Pada pelatihan tersebut para dosen juga mendampingi para peserta pelatihan untuk melakukan praktek langsung cara pembuatan “fruit leather” dengan peralatan sederhana yang dibawa langsung dari Laboratorium Pengembangan Produk Agroindustri, Politeknik Negeri Cilacap. Selain materi tentang pengolahan, para dosen juga mengisi materi mengenai cara labelling produk UMKM agar dapat diterima oleh konsumen dengan baik. Cara labelling juga disesuaikan dengan standar minimal sesuai Pedoman Kemasan dari BPOM Tahun 2020.

Adanya pelatihan tersebut diharapkan memberikan bekal ketrampilan bagi para peserta sehingga dapat mensukseskan program Food Estate untuk mewujudkan ketahanan pangan nasional secara berkesinambungan dan menyiapkan petani dan penyuluh pertanian untuk meningkatkan produksi pertanian baik secara kualitas maupun kuantitas yang bermuara kepada peningkatan kesejahteraan petani dan masyarakat pada umumnya.(MYN)

Read more >

Workshop Kurikulum Program Studi Sarjana Terapan Pengembangan Produk Agroindustri

Pada hari Senin, tanggal 12 April 2021 program studi Sarjana Terapan Pengembangan Produk Agroindustri menyelenggarakan workshop kurikulum bersama dengan narasumber dari Dunia usaha dan Industri (Du/Di) yaitu Bapak Teguh Eko Wahyono, S.Pi yang merupakan Manager Marketing Area Jawa Timur PT. Haida Agriculture Indonesia. Peserta workshop kurikulum dihadiri oleh Koordinator Program Studi Pengembangan Produk Agroindustri Fadillah, S.P., M.P, dosen – dosen Pengembangan Produk Agroindustri serta mahasiswa dan mahasiswi Pengembangan Produk Agroindustri dengan melalui media zoom meeting.

Pelaksanaan workshop kurikulum dengan mengundang narasumber dari dunia industry bertujuan agar terjadi link and match antara dunia Pendidikan vokasi dengan dunia kerja. Pelaksanaan workshop diawali dengan sambutan oleh Koordinator Program Studi Fadillah, S.P., M.P kemudian dilanjutkan dengan pemaparan kurikulum program studi Sarjana Terapan Pengembangan Produk Agroindustri oleh Sari Widya Utami, S.P., M.Sc. selaku satuan kendali mutu pembelajaran.  

Acara kemudian dilanjutkan pada acara inti, yaitu pemaparan materi oleh Bapak Teguh Eko Wahyono selaku Manager Marketing Area Jawa Timut PT. Haida Agriculture Indonesia. Secara singkat beliau menjelaskan mengenai sejarah singkat PT. Haida, kemudian dilanjutkan dengan perbandingan kurikulum yang terdapat pada program studi Pengembangan Produk Agroindustri dengan kebutuhan dunia kerja. Beliau menggarisbawahi beberapa mata kuliah yang penting dalam dunia industry.

Melalui workshop kurikulum ini, Bapak Teguh Eko Wahyono juga menyampaikan bahwa kurikulum yang terdapat pada program studi Pengembangan Produk Agroindustri sudah sesuai dengan kebutuhan SDM pada industry Agriculture seperti Sistem dan Manajemen Agroindustri, Strategi dan Manajemen Pemasaran, Praktek Sifat Fisik Bahan Pangan, Manajemen Labolatorium Pangan dll.

Setelah pemaparan materi diakhiri dengan diskusi dan tanya jawab dengan peserta workshop, kemudian diakhiri dengan foto bersama. Diharapkan melalui kegiatan workshop kurikulum bersama dengan dunia industry bisa terjadi sinergi yang harmonis antara dunia Pendidikan vokasi dengan dunia industry. (AK)

Read more >

Dies Natalis 1 Program Studi Sarjana Terapan Pengembangan Produk Agroindustri

Pada hari Rabu tanggal 03 Februari 2021 tepat satu tahun telah berdiri Program Studi Sarjana Terapan Pengembangan Produk Agroindustri pada Politeknik Negeri Cilacap. Untuk memperingati Dies Natalis yang 1 diadakan kegiatan syukuran secara sederhana yang dihadiri oleh Wakil Direktur 1 bidang Akademik  Dr. Eng. Agus Santoso, S.T., M.T., Kepala Jurusan Mesin Joko Setia Pribadi, M.Eng., Koordinator Program Studi Sarjana Terapan Pengembangan Produk Agroindustri Fadillah, S.P., M.P., Dosen – dosen Program Studi Sarjana Terapan Pengembangan Produk Agroindustri, perwakilan mahasiswa Program Studi Sarjana Terapan Pengembangan Produk Agroindustri.

Kegiatan dies natalis diawali dengan pembacaan doa oleh dosen Pengembangan Produk Agroindustri Khoeruddin Witriansyah, S.Kel., M.Si kemudian dilanjutkan dengan acara ramah tamah. Disela – sela acara juga dibagikan voucher makan bagi 3 pemenang program ” Give away” dalam rangka dies natalis 1 Program Studi Sarjana Terapan Pengembangan Produk Agroindustri. Perjalanan Program Studi Sarjana Terapan Pengembangan Produk Agroindustri masih panjang, jika diibaratkan bayi maka program studi ini masih belajar untuk merangkak. Dengan potensi yang dimiliki oleh masing – masing dosen dan dukungan dari semua lini makan program studi sarjana terapan akan mampu menjadi salah satu program studi unggulan di Politeknik Negeri Cilacap. Selamat Ulang tahun dan semakin berjaya bagi Program Studi Sarjana Terapan Program Studi Agroindustri, “ Better Process for Better Life”. (AK)

Read more >

PERESMIAN WEBSITE PRODI SARJANA TERAPAN PENGEMBANGAN PRODUK AGROINDUSTRI



Pada hari kamis tanggal 03 Desember 2020 website Program Studi Sarjana Terapan Pengembangan Produk Agroindustri telah secara resmi di buka secara simbolis oleh Koordinator Program Studi Fadillah, S.P., M.P beserta dengan Wakil Direktur I Dr. Eng. Agus Santoso, S.T., M.T. Website program studi diharapkan bisa mempermudah penyampaian informasi bagi mahasiswa pada khususnya maupun bagi masyarakat pada umumnya. Menu – menu yang terdapat dalam website terdiri dari profil program studi, informasi akademik, riset dan publikasi, informasi kemahasiswaan dan juga weblink  akun media sosial program studi. Website program studi Pengembangan Produk Agroindustri dapat di akses melalui webutama Politeknik Negeri Cilacap yaitu https://pnc.ac.id/ atau bisa langsung mengakses secara langsung pada website http://jppa.pnc.ac.id/.

Read more >

Perjanjian MoU antara D4 PPA dengan PPSC

Program Studi Sarjana Terapan Pengembangan produk Agroindustri yang diwakili oleh Koordinator Program Studi Fadillah, S.P., M.P. menandatangani perjanjian kerjasama atau Memorandum of Understanding (MoU) dengan Pelabuhan Perikanan Samudera Cilacap (PPSC). Diharapkan melalui perjanjian kerjasama ini akan terjalin sinergi antara instansi pemerintah dengan dunia pendidikan.

Read more >

Program Studi Sarjana Terapan Pengembangan Produk Agroindustri

Pada tanggal 3 Februari 2020 Program Studi Pengembangan Agroindustri secara resmi berdiri melalui SK Penyelenggaraaan Nomor 206 / M / 2020. Lulusan  program studi Pengembangan Produk Agroindustri diharapkan menjadi calon lulusan yang mampu berkontribusi dalam peningkatan nilai tambah produk hasil pertanian dan perikanan melalui inovasi – inovasi dalam dunia Agroindustri serta mampu terserap dalam industri dan juga dunia kerja.

Read more >